KORAN RANTO – Bila kita melamar pada salah satu perusahaan baik itu di kantor pemerintahan maupun di kantor swasta pasti ada beberapa persyaratan yang harus kita lakukan salah satunya adalah surat lamaran kerja.

Koran Ranto
Foto : Surat Lamaran Kerja


Surat lamaran kerja ini ada dua jenis, yaitu surat yang bersifat resmi dan surat bersifat pribadi. Jika surat lamaran kerja tidak baik dan benar, maka kita yang sedang melamar di perusahaan tidak akan bisa dipanggil oleh HRD perusahaan tersebut untuk mengikuti test interview (wawancara) dan psikotest.


Untuk membuat surat lamaran kerja sebenarnya tidaklah begitu sulit, akan tetapi mumbutuhkan waktu yang lama untuk menyusun dan merangkai kata agar kata-katanya baik dan sopan. Setelah semua kata-kata tersusun dengan benar maka akan terbentuklah surat lamaran kerja yang baik dan benar.


Baca juga : Ini Cara Top Up Saldo Shoppe Pay



A. Bagian-bagian Surat Lamaran Kerja


Di bawah ini bagian-bagian surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar :

  1. Tempat dan tanggal pembuatan surat
  2. Alamat Perusahaan yang dituju
  3. Salam dan pembuka surat
  4. Isi Surat
  5. Lampiran atau syarat lamaran
  6. Penutup surat
  7. Tanda tandan dan nama pelamar



B. Syarat Surat Lamaran Kerja


Di bawah ini ada beberapa syarat yang harus kita perhatikan dalam membuat surat lamaran pekerjaan :

  1. Untuk menulis surat lamaran kerja harus ringkas, sopan dan mudah dipahami.
  2. Isi surat lamaran kerja harus menggambarkan kemampuan bahwa jenis pekerjaan yang dilamar sesuai dengan basic dan tingkat pendidikan kita.
  3. Jika melamar di perusahaan swasta, sebaiknya surat lamaran tidak boleh bernada meminta belas kasihan yang bersifat merendahkan diri.
  4. Untuk informasi lowongan kerja sebaiknya didapat dari media sosial, teman, dari berbagai sumber, iklan atau pengumuman di kantor.
  5. Informasi tentang identitas diri harus diisi dengan jelas dan lengkap, misalnya kita mempunyai gelar maka cantumkan gelar nama anda. Karena perusahaan ingin melihat kejujuran setiap calon karyawannya.
  6. Jika perusahaan meminta anda untuk menulis tangan surat lamaran tersebut, alangkah baiknya ditulis sendiri karena dari situlah watak dan kepribadian anda dilihat.
  7. Tulis juga lampiran persyaratan yang harus dicantumkan di dalam surat lamaran kerja, misalnya Daftar Riwayat Hidup atau CV, SIM, KTP,Pas Foto, Sertifikat dan dokumen pendukung lainnya (jika ada).
  8. Surat lamaran kerja yang dibuat harus bersih, rapi, tidak ada coretan-coretan, dan tidak terlipat.


Nah, itulah beberapa cara membuat surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar, saya harap artikel ini bisa membantu teman-teman semua yang sedang bingung bagaimana cara membuat surat lamaran agar bisa diterima.



Baca juga : Pelajari Dasar-Dasar Penting Komputer





Penulis : Dewisman Gulo 

Post a Comment